Kamis, 30 Juni 2011

DIKLATAMA CBP KKP IPNU IPPNU Sebagai Wujud Cinta Tanah Air dan Bangsa Indonesia


Salam Belajar, Berjuang, Bertaqwa!

Salam CBP!
Salam KKP!


Tim CBP dan peserta DIKLATAMA
Tim KKP dan peserta DIKLATAMA
Dewan Komando Anak Cabang Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp kepanduan Putri (KKP) IPNU-IPPNU Kecamatan Paninggaran Kab. Pekalongan Jawa Tengah mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Pertama (Diklatama) di Lapangan SMP 1 Atap Desa Kaliombo Kec. Paninggaran Kab. Pekaolngan, Jum'at-Ahad (24-26/11). Sekitar 150 anggota CBP dan KKP
menerima pengetahuan wawasan kebangsaan dan Bela Negara, ke NUan serta pembekalan teori dan praktek kepanduan, kedisiplinan, SAR, baris berbaris, ketahanan fisik,Out Bond Kekompakan tim dan olahraga voly serta senam otak di setiap pagi hari.

Ketua PAC. IPNUKec. Paninggaran Kab. Pekalongan, Nasikhu, mengatakan Diklatama ini dimaksudkan memberi bekal kedisplinan dan ketrampilan dalam memberikan pertolongan maupun pengamanan serta menciptakan generasi IPNU IPPNU yang cinta tanah air dan bangsa Indonesia.

"Melalui Diklatama ini kader CBP dan KKP IPNU IPPNU nantinya bisa membentuk karakter, watak dan dedikasi maupun loyalitas terhadap organisasi dan masyarakat,serta berguna dan menjadi pelopor pembangunan kepemudaan daerah dan peduli lingkungan" ujar Nasikhu.

Ia menjelaskan bahwa sebagai kader inti, CBP dan KKP harus memiliki wawasan kebangsaan dan bela negara, ke NU an, santu dan cinta kepada lingkungan serta memiliki ketrampilan yang mumpuni.

Komandan DKC. CBP Kabupaten Pekalongan Absori DZ. mengatakan diklatama merupakan prioritas program CBP dan KKP guna memberikan pemahaman mengenai wawasan pengetahuan dan bekal ketahana fisik maupun kediplinan.

"Diharapkan kader-kader CBP dan KKP bisa menjadi kader yang siap pakai dan tanggap akan keadaan lingkungan yang membutuhkan bantuan," ujarnya seraya menyebut Diklatama sudah diadakan 8 DKAC se Kabupaten Pekalongan ini.


Bioskop DIKLATAMA

Dalam kegiatan ni juga diadakan nonton film nasionalisme "Indonesia Tanah Air Beta" guna menambah rasa nasionalisme peserta dan sebagai pengetahuan tentang keadaan earga negara Indonesia ketika terjadi pergolakan di NTT dan Timor Leste.

Materi dari TIM TNI AD

Pelatihan PBB oleh Tim TNI AD
Dalam kegiatan ini, IPNU IPPNU Kec. Paninggaran menjalin kerjasama dengan TNI AD (Koramil Paninggaran) selaku tim pelatik materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang diisi langsung oleh Komandan Koramil Paninggaran, PBB, SAR, kekompakan tim, serta menyediakan dorprise bagi peserta yang mampu menghafal Lagu Indonesia Raya, Pembukaan UUD 1945, Pancasila dan pertanyaan lain yang diberikan. Dengan kegiatan ini TNI AD sangat terbantu dan sangat bangga bahwa para generasi muda bisa melaksanakan pengkaderan yang berkaitan dengan tugas TINI yaitu wawasan kebangsaan dan bela negara yang harus ditanamkan di setiap individu masyarakat Indonesia.

Komandan Koramil mengisi materi Bela Negara
Kegiatan-kegiatan ini langsung dimoderatori oleh Nasikhu, Ketua PAC. IPNU Kec. Paninggaran Kab. Pekalongan.”Kami berpesan kepada para peserta DIKLATAMA bahwa materi ini sangat penting, guna menciptakan rasa cinta tanah air dan bangsa, maka ikutilah dengan baik dan tanyakan hal-hal yang kalian belum paham. Generasi muda harus dibentengi dengan ketahanan nasionalisme yang kuat guna mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Ujar Nasikhu.

Sementara itu, pada akhir kegiatan diklatama ini ditutup dengan kegiatan pembentukan alumni DIKLATAMA I dengan ketua terpilih yaitu Tohir (CBP dan Lulu AR. (KKP). Dengan dipimpin langsung oleh DKC. CBP KKP Kab. Pekalongan, acara ini berlangsung meriah dan menghasilkan keputusan musyawarah yang baik.
Harapan dari kami yaitu semoga setelah DIKLATAMA berakhir kalian tidak hanya sampai disini, tidak hanya mendapatkan piagam, tidak hanya mendapatkan banyak teman baru namun kalian harus mengamalkan dan melanjutkan perjuangan CBP KKP kedepan dengan kegiatan yang terbaik bagi semua, semoga kalian bisa menjadi contoh bagi pemuda yang lain dan bisa merubah diri kalian setelah ini untuk menjadi lebih baik lagi.” kata Absori.

Out Bond Bela Negara Oleh DKC. CBP KKP Kab. Pekalongan
Kemudian upacara penutupan dipimpin oleh pembina IPNU Kec. Paninggaran, Rekan Abdul Majid. Dalam sambutannya beliau menuturkan bahwa semakin tinggi perjuangan anda maka semakin berat pula anda melangkah, jangan menyerah jadilah kader yang berwawasan Aswaja dan kebangsaan yang kuat sehingga kalian mampu menepis ancaman, tangtangan, hambatan dan gangguan yang datang dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan menyesatkan.” ungkap Majid. (ciku)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar