Minggu, 03 April 2011

GELAR BAZAR IPNU-IPPNU SEBAGAI WUJUD PEMBINAAN WIRAUSAHA KADER MUDA PAC. KEC. PANINGGARAN KAB. PEKALONGAN

Sawangan, 18 Maret 2011
Oleh : Ketua PAC. IPNU Kec Paninggaran


Kajen_Peran generasi muda sangatlah penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna memerankan fungsinya sebagai penerus perjuangan bangsa yang dituntut harus mempunyai kretifitas dan kemandirian.Kewirausahaan pemuda Indonesia ádalah sebagai bentuk nyata peran penting pemuda tersebut guna mewujudkan kretifitas dan kemandiriannya dengan berwirausaha.

Kenapa IPNU-IPPNU melaksanakan Bazar?
Dengan Moto Belajar, Berjuan, Bertaqwa dan latar belakang guna menciptakan kemandirian dan kreatifitas kader muda dan melihat peluang usaha di kegiatan Khoul Thoriqot Qodiriyah Wa Nahsabandiyah 1432 H ini sangat terbuka lebar untuk mengadakan wirausaha dalam bentuk bazar. Dengan jumlah santri yangdatang mencapai ribuan orang dari berbagai daerah serta mereka menetap di sekitar Masjid tempat pelaksanaan kegiatan selama 3 hari.

Menurut Nasikhu Ketua PAC. Kec.Paninggaran “ Bahwa Hal ini yang menjadikan alasan kenapa IPNU-IPPNU Kec. Paninggaran melaksanakan bazar, guna meraih keuntungan secara ekonomi dan secara organisasi untuk melaksanakan program kerja, serta yang paling utama hádala untuk menanamkan kemandirian dan kreatifitas kader muda untuk berwirausaha dan pandai melihat peluang usaha atau bisnis. Dan yang tidak terlupakan adalah promosi IPNU-IPPNU sebagai contoh nyata kegiatan kepemudaan guna menarik perhatian masyarakat untuk mendukung dan berperan penting terhadap pentingnya organisasi bagi generasi muda. ”
Bazar ini dilaksanakan Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kec. Paninggaran dan Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Desa Sawangan pada tanggal 18 – 20 Maret 2011 di Desa Sawangan Kec. Paningaran Kab. Pekalongan Jawa Tengah dalam acara Khoul Thoriqot Qodiriyah Wa Nahsabandiyah 1432 H. Kegiatan Thoriqoh yang dilaksanakan 2 kali dalam setahun ini sangatlah besar bagi peluang wirausaha karena santri yang hadar berjumlah ribuan orang dari penjuru Kab. Pekalongan, Kab. Banjarnegara, Kab. Wonosobo dan daerah lain.
Dalam kegiatan ini IPNU-IPPNU Kec. Paningaran bekerjasama dengan panitia Khoul Toriqoh, Pemerintah Desa Sawangan, TP. PKK Desa Sawangan, Banom UN Se-KecPaninggaran dan MWC UN Kec. Paninggaran. Dengan pelaksanaan kegiatan ini kami mengharapkan hasil yang dicapai bukanlah sekedar materi semata, Namur kretifitas dan pengalaman wirausaha bagi kader muda IPNU-IPPNU sangatlah penting untuk dikembangkan.
Dengan permodalan mandiri dan kerjasama dari anggota IPNU-IPPNU, Alhamdulillah bazar ini dapat terlaksana dengan baik walaupun terdapat beberapa kendala yang bisa diselesaikan. Bukan hanya materi yang dihasilkan tetapi juga perhatian masyarakat yang langsung melihat ataupun terlibat. 
 
Menurut Yusup, Kepala Desa Sawangan “ Bagi kami selaku Pemerintah Desa Sawangan, hal ini sangatlah bagus untuk pendidikan nyata kemandirian pemuda dan harus terus ditingkatkan pada kegiatan dan acara lain dengan berkelanjutan sampai kapanpun. Bazar kali ini adalah sebagai awal, sehingga kendala yang tidak terdugapun muncul, dan pesan dari kami di kegiatan yang akan datang supaya lebih matang persiapannya sehingga hasilnya bisa lebih baik lagi. ”
 
Dalam hubungan itu, sebagian generasi muda yang hidup berbangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia haruslah mempunyai kemandirian dan peran wirausaha dalam masyarakat. Generasi muda yang merasa seperti ini akan memilih sikap bahwa bangsa dan negara Indonesia harus lebih maju dan mampu mendukung dan membina kretivitas untuk berwirausaha mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar