Selasa, 19 April 2011

IPNU Paninggaran Buat Saluran Air dan Jamban



Pembenahan saluran air dan penataan jamban dilakukan oleh pemuda Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama PR. Desa Kaliombo Kec. Paninggaran, kemarin (2/4), membuat pihak pemuda IPNU mengambil langkah cepat. Caranya, dengan bergotong royong bersama warga untuk membersihkan semua saluran air (drainase) yang tersumbat oleh sampah rumah tangga warga. Tak hanya itu, kegiatan ini juga membuat dan melebarkan saluran air.
"Banyak, warga di sini membangun rumah di dataran yang tinggi dengan kondisi saluran pembuangan air yang tersumbat oleh sampah rumah tangga. Memang, kawasan ini merupakan daerah rawan longsor sehingga sangat riskan tergenang air setiap kali turun hujan," ujar Karsono, ketua panitia kegiatan ini.
Pihaknya pun melakukan penggalian untuk memperlebar semua pembuangan saluran air yang ada di Desa Kaliombo ini. 

Agar warga meningkatkan kesadarannya untuk terus peduli kebersihan lingkungan, dengan memerhatikan kondisi saluran air terutama di musim penghujan. Sehingga, Desa tidak menjadi langganan banjir dan longsor tiap tahunnya. "Gotong royong ini membuat saluran air menjadi lancar sehingga tebing tidak tergeneng air sehingga bisa meredam longsor yang rawan terjadi.
Sementara itu, Nasikhu, ketua PAC. IPNU Kec. Paninggaran menyambut baik kegiatan ini. "Dengan membersihkan dan membuka saluran,  air yang tergenang dapat mengalir ke Sungai ataupun kolam ikan disekitarnta bila saluran air ini kondisinya bagus tidak terjadi lagi genangan air tiap kali turun hujan," pungkasnya.(n45h)      
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar